Yamaha RX King merupakan salah satu legenda motor
sport 2 tak Yamaha yang paling sukses. Pernah booming antara tahun 80an
hingga 90an akhir. Selain larinya yang cukup kencang, bodi RX King saat
itu dianggap mewakili jiwa muda, keren dan gagah. Sempat mendapat
julukan motor jambret karena saking cepat dan gaharnya mesin RX King,
sehingga RX King sering digunakan sebagai motor pelaku tindak kejahatan.
Yamaha RX king tidak serta merta langsung hadir di
Indonesia, tetapi melalui proses survey dan riset mulai dari Sumatera,
Jawa dan beberapa daerah lainnya. Dari riset yang dilakukan oleh Motoaki
Hyodo, Chikao Kimata, dan Nobuo Aoshima, diperoleh hasil bahwa
mayoritas masyrakat Indonesia menginginkan motor sport yang gagah, irit,
dan mempunyai kecepatan kekuatan mesin yang luar biasa. Dan akhirnya
terciptalah Yamaha RX King.
Yamaha RX King pertama kali hadir di Indonesia tahun 1983, merupakan penyempurnaan dari Yamaha RX K, dengan penambahan YEIS (Yamaha Energy Induction System) yang membuat RX King lebih irit bahan bakar sekitar 15 persen. Selain itu Yamaha Computerized Lubrication System membuat RX King semakin bertenaga hingga 5000 Rpm.
Jika dirunut dari sejarahnya RX King ini dibagi dalam 3 generasi.
Generasi awal Yamaha RX King atau yang biasa disebut King kobra, disebut
kobra karena stangnya model seperti leher ular kobra yang saat itu lagi
ngetrend. Model kobra ini diproduksi antara tahun 1983-1991, dengan
dengan kode blok mesin Y1 dan Y2. Sedangkan generasi kedua biasa disebut
King Master , dengan kode blok mesin Y1-74, konon y1-74 ini adalah
produksi Yamaha pulogadung Jakarta. Model ini diproduksi antara tahun
1992 sampai 2001.
Sedangkan generasi ketiga disebut dengan New King, king generasi
terakhir ini sudah memenuhi standart EURO jadi tidak mempunyai asap
sebanyak pendahulunya. Selain itu desain bodi motor semakin modern
dengan lampu bulat layak motor pendahulunya Yamaha RX 100 namun lebih modern modelnya mirip vixion lama.
Secara spesifikasi, RX king mempunyai mesin 2 langkah berkapasitas
132 cc dan berpendingin udara. Perbandingan kompresinya 6,9 : 1, dengan
diameter silinder 58,0 mm dan stroke/langkah sepanjang 50 mm. Transmisi
memiliki 5 percepatan dengan dibantu kopling manual basah dengan
multiplat. Dan pengatur bahan bakar menggunakan Mikuni VM26. Untuk
pengapian RX King sudah menggunakan CDI. Dengan dapur pacu seperti ini
Yamaha RX King mempunyai tenaga maksimum 18,5 PS/9.000 RPM dan torsi
puncak 1.54 KGF.M/8.000 RPM.
Panjang Yamaha RX King
1970 mm, lebar 735 mm, dan tinggi 1065 mm sedangka jarak sumbu roda
mencapai 1245 mm. Menggunakan rangka Double Cradle, dengan kapasitas
tangki mencapai 9,5 Liter. Berat kosong RX King cukup ringan untuk motor
sport hanya 100 kg. sok depan menggunakan garpu teleskopik dan belakang
double sokbreaker untuk menopang swing arm. Yamaha RX King ini
menggunakan roda berdiameter 18 inch, dengan dibekap ban ukuran 2.75-18-4 PR
untuk depan dan 3.00-18-4 PR untuk roda belakang. Untuk rem menggunakan
cakram dengan caliper 2 piston, sedangkan rem belakang masih
menggunakan rem tromol.
Dan sayangnya Yamaha menghentikan produksi Yamaha RX King pada Februari 2009. Dan Yamaha mengklaim Yamaha Vixion adalah penerus dari Yamaha RX King meskipun banyak perbedaan yang cukup kontras.
sumber: http://www.oto-id.com/yamaha-rx-king-legenda-sport-2-tak_1115.aspx
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar